Strategi Pemasaran Blackberry

Posted by Bima Junita Sari on 04.08 with No comments
STRATEGI PEMASARAN  BARU
BLACKBERRY dalam MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA
Fokus : INDONESIA

DISUSUN
OLEH : KELOMPOK 4
Ø   TRY BOY (120502012)
Ø   BIMA JUNITA SARI (120502167)
Ø   NOVI VANTIKA P. TAMBA (120502172)
Ø   HERNAWAN WAHYU (120502216)


DEPARTEMEN MANAJEMEN
FALKUTAS EKONOMI dan BISNIS
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2014



KATA PENGANTAR

          Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan pertolongannya kami dapat menyelesaikan penulisan paper ini dengan baik.
            Paper ini dimaksudkan sebagai bahan acuan kepada manajer dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan strategi pemasaran. Banyak masalah yang dihadapi oleh menejer ketika ingin menentukan strategi apa yang akan digunakan dalam memsarkan produk. Untuk itu kami menulis paper ini sebagai pembanding atara strategi terkhusus strategi baru dan strategi lama yang digunakan RIM produsen BB dalam mempertahankan eksistensinya.
            Dalam kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung berperan dalam pembuatan paper ini. Oleh karena itu, jika ada kritik maupun saran dari pembaca, penulis dengan senang hati akan menerima saran dan kritik yang diberikan dalam rangka membantu penulis dalam pembuatan paper yang lebih baik nantinya.


Medan, 22 September 2014

                                                                                                                        Kelompok  4







DAFTAR ISI

Kata Pengantar                                  ........................................................         i
Daftar isi                                            .......................................................         ii
BAB I Pembuka                                 .......................................................         1
BAB II Pembahasan                          ........................................................         3
A. Sejarah Blackberry                        ........................................................         3
B. Masalah yang Dihadapi Blackberry ........................................................        4     
BAB III Penutup                                ........................................................        7
Daftar Pustaka                                   ........................................................         8













BAB I
PEMBUKA
            Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan; produk, nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan; pasar, pemasaran dan pemasar.
            Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehinggayang tinggal hanyalah bagaimana membuat produknya tersedia. Sedangkan proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.
Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
            Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah
(1) faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat,
(2) faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya. Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan penjual (4 P) adalah tempatyang strategis (place), produk yang bermutu (product), harga yang kompetitif (price) dan promosi yang gencar (promotion). Sedangkan dari sudut pandang pelanggan (4 C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan ( customer needs and wants), biaya pelanggan (cost to the customer), kenyamanan (convenience) dan komunikasi (comunication). Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“totalCustomer Statisfaction”). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan. Atau secara singkat adalah memenuhi kebutuhan pelanggan.
            Ada hubungan erat antara mutu suatu produk dengan kepuasan pelanggan serta keuntungan industri. Mutu yang lebih tinggi menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, sekaligus mendukung harga yang lebih tinggi dan sering juga biaya lebih rendah. Eksekutif puncak masa kini melihat tugas meningkatkan dan mengendalikan mutu produk sebagai prioritas utama, sehingga setiap industri tidak punya pilihan lain kecuali menjalankan manajemen mutu total (“Total Quality Management”).
            Pada makalah ini kami akan membahas tentang masalah yang dihadapi salah satu merek handphone ternama yang populer dikalangan masyarakat karena aplikasinya yang menarik yaitu BLACKBERRY. Setiap perusahaan pasti memiliki masalah, tak terkecuali dengan BLACKBERRY. Pada tahun in kita bisa melihat menurunnya popularitas brand produk ini serta semakin menurunnya penjualan produk ini. Bukan itu saja, bahkan kita bisa melihat pergeseran pengguna BB ini.
            Pada tahun 2008 silam kita dapat mengetahui bahwa BB merupak barang mewah atau salah satu handphone dengan harga yang cukup mahal. Handphone ini awalnya hanya digunakan oleh kalangan High-end, namun kini kita bisa melihat semua orang dapat menggunakan BB karena harganya yang cukup murah saat ini. Hal ini menimbulkan pertanyaan dalam benak kita “bagaimana strategi BB dalam mempertahankan produknya di jaman ini?”  “bagaimana mereka memperoleh keuntungan ditengah menurunnya penjualan BB?”








BAB II
PEMBAHASAN
A. SEJARAH BLACKBERRY
            BLACKBERRY dikembangkan oleh sebuah perusahaan canada yang hingga saat inipun, tidak banyak orang yang mengetahui namanya. Sangat berbeda denga Nokia dan Motorola ataupun microsoft yang namanya dikenal luas, pembuat blackberry adalah perusahaan yang bernama Research in Motion. BLACKBERRY didirikan oleh seorang imigran yunani di kota waterloo, kanada. Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo.

            Dia memilihg drop out SETELAH memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk blckberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti Nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry. Keunggulan blackbery adalah mempunyai penampilan yang sangat bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll dll). Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia.
            Sejalan dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan makin turunnya biaya komunikasi, pada akhirnya BlackBerry menjad sebuah fenomena (saat ini kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry, anak – anak muda mulai pakai alat ini yah buat nge-blog dan Facebook-an).
            AWALNYA, BlackBerry ingin dinamakan POCKET LINK sebuah nama yang fungsional tapi membosankan, kemudian juga HAMPIR dinamakan STRAWBERRY, karena mirip dengan buah strawberry, tapi terkesan terlalu jinak. Sehingga dinamakan BLACKBERRY, nmaa yang akrab tapi cerdas.
            BlackBerry masuk ke pasar pertama kali dengan memfokuskan diri pada layanan e-mail gegas. Pada awalnya, perangkat BlackBerry hanya memiliki layar monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah memiliki tampilan layar berwarna. Saat ini, RIM juga menawarkan layanan email BlackBerry untuk perangkat-perangkat non-BlackBerry seperti Palm Treo dan Nokia E61, melalui peranti lunak BlackBerry Connect.

            Mengapa banyak orang yang kepincut BlackBerry? Salah satunya adalah keunggulannya mengirim dan menerima surat elektronik: secepat mengirim dan menerima SMS. BB pun menjadi gadget yang wajib dimilki oleh remaja-remaja yang ingin diakui ke-eksist-annya. Setelah serial Gossip Girl secara fenomenal mempromosikan BB. Serial tentang kehiduppan anak-anak muda upper Class Manhattan, Ney York-USA itu melabeli Blackberry sebagai lambang status kelas atas.
B. MASALAH YANG DIHADAPI BLACKBERRY
            Seperti yang kita ketahui masa “demam” BB telah usai dan tergantikan dengan “demam” android. Bahkan aplikasi yang unggulan BB pun kini dapat kita akses di android. “Mengapa hal ini terjadi?” Eka Anwar selaku CEO BB di Indonesia mengatakan bahwa pihaknya melakukan kerja sama dengan Android dan Iphone untuk meraup keuntungan dari penjualan aplikasi BBM ini.
            Dari penuturannya kita dapat menyimpulkan bahwa BB sedang mengalami krisis sehingga aplikasi unggulannya pun di jual untuk mendapatkan keuntungan karena terjadi penurunan penjualan BB. Sebenarnya strategi pemasaran apakah yang digunakan BB sehingga BB mengalami masa “kejatuhan”
Strategi awal yang digunakan RIM :
            Pertama, meluncurkan produk baru secara berkelanjutan agar market share tidak turun. Misalnya, tahun depan perusahaan asal Kanada ini akan memperkenalkan Blackberry OS 10. Meski belum keluar, berita kemunculan BB 10 sudah menjadi perbincangan hangat di Tanah Air. “Kita tunggu saja kehebatan OS baru ini,” ujar Eka Anwar, Direktur Pemasaran RIM Indonesia yang enggan menjelaskan secara gamblang. 
            Strategi kedua, jika belum ada produk yang bisa diluncurkan, RIM mengakalinya dengan membuat inovasi dan menciptakan acara yang kontak langsung dengan konsumen. Misalnya, menyelenggarakan program BB Terjangkau (BBT). BBT memberikan kemudahan konsumen dalam cara pembayaran dengan bantuan dari Adira Kredit, BCA dan BII. Ketiga, menggandeng 300 gerai tradisional dan akan menambahnya hingga 500 gerai. “Kami berharap BB bisa menjadi ponsel warga Indonesia yang terjangkau dan mudah didapatkan,” Eka menambahkan.
            Selain menawarkan kemudahan pembelian, RIM juga getol menciptakan pengalaman pelanggan (customer experience). Untuk merealisasikan konsep tersebut, pihaknya membangun BlackBerry Lifestyle Store (BBS) yang kini sudah berjumlah 8 gerai.     
            Untuk layanan perbaikan dan purna jual, RIM mendirikan BlackBerry Expert Center (BEC) sebanyak 57 gerai di 13 kota. “Bukan hanya itu, kami menggandeng developer lokal untuk bisa menyumbangkan idenya di OS terbaru kami. Investasi sebanyak Rp 55 miliar untuk beasiswa dan pelatihan di institusi pendidikan juga tengah berjalan,” sambungnya.
            Sekadar informasi, IDC memperkirakan, tahun 2015 pengapalan BB ke Indonesia diprediksi sebanyak 9,7 juta handset. Selain itu, kepuasan pelanggan BB adalah yang paling tinggi versi Roy Margan pada Q3 di 2011. RIM Indonesia juga berhasil menghimpun 1,8 juta teman di Facebook. “Saya yakin posisi kami terus bergerak naik karena didongrak momen bulan Ramadhan dan Lebaran, di mana pada bulan Juli dan Agustus penjualan BB pasti meningkat,” tegas Eka. (EVA) ( by Ario Fajar).
            Namun kini BB telah mengangkat CEO baru yang memiliki strategi yang sangat berbeda dengan CEO yang lama. Jhon Chen selaku CEO baru dari RIM mengatakan bahwa pihaknya telah mengalami transformasi strategi. Lalu strategi apakah yang digunakannya?. Strategi yang dilakukan Chen adalah : Device, Enterprise Software, BlackBerry Messenger, QNX and Machine-to-Machine, dan end-to-end solution.
            Pada area Device, bagian besar dari strategi baru perusahaan yaitu pengumuman kerjasama dengan perusahaan manufaktur kelas dunia yaitu Foxconn, yang mana akan mendukung dalam mendesain dan me-menej- semua device Blackberry untuk maju.
            Pada area Enterprise Software BlackBerry akan terus mengembangkan desain software yang akan berpatokan pada Blackberry 10, sementara itu blackberryakan melakukan penjualan aplikasi BBM untuk mendapatkan keuntugan.
            Pada area QNX and Machine-to-Machine BB telah banyak memperbaiki perangkatnya dimulai dari penambahan RAM, perbaikan sistem perangkat yang digunakan, hingga perubahan tampilan dan ukuran layar yang digunakan.
            Pada era end-to-end solution BB yang telah mengganti pasar sasaran yang akan ditujunya. Kini BB bukan lagi barang mewah yang hanya bisa dimiliki oleh pasar High-end tetapi  juga dapat dimiliki pasar Low-end. (Strategi CEO Baru Blackberry (John Chen) Dalam Mempertahankan Bisnis (Part 2) _ Rindi Tech.com)













BAB III
PENUTUP
            Data diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang cukup jauh antara strategi pemasaran BB pada saat “demam BB” dan pada saat tidak lagi mengalami “demam BB”. Dari data diatas juga dapat ditarik kesimpulan bahwa walaupun penjualan BB mengalami penurunan tetapi RIM tetap mendapatkan keuntungan dari penjualan aplikasi BBM yang selalu populer dikalangan masyarakat.
            Sebenarnya hal apa yang membuat orang-orang meninggalkan BB? Berdasarkan hasil riset yang kami temukan di wikipedia orang-orang meninggal BB kerena :
  Harganya yang mahal.
  BBM sering pending.
  Penggunaan aplikasi berbayar.
  Fitur yang ditawarkan tidak mengalami banyak perubahan.
  Design yang monoton.
  Penyediaan kapasitan RAM yang kecil.
  Seringnya mengalami nge-lag and restart.
            Hal ini lah yang coba diperbaiki Chen untuk mempertahankan eksistensi perudahaannya. Menurut siklus hidup produk kita dapat melihat kegagalan BB dalam siklus perkembangan dimana BB terlalu terlena dengan tingkat penjualan yang tinggi sehingga lupa untuk melakukan perbaikan dan pengembangan produk. Sehingga kini orang-orang mulai beralih.





DAFTAR PUSTAKA
Lima Strategi Mempertahankan Posisinya Indonesia SWA.co.id.htm
Pendiri BBM dan Sejarah Berdirinya Aplikasi Blackberry Massenger ~ Android Cool Apps.htm
Sejarah Terciptanya Blackberry _ Ceria Cellular Bisnis Pulsa Elektronik.htm
Strategi pemasaran blackberry terhadap telepon genggam pada saat ini _ Ughytov's Blog.htm
Strategi Pemasaran, BlackBerry Messenger for Android Sengaja Batal Dirilis.htm
whops whops whops 1...2...3  Strategi Pemasaran Blackberry Terhadap Telepon Genggam.htm
Strategi CEO Baru Blackberry (John Chen) Dalam Mempertahankan Bisnis (Part 2) _ Rindi Tech.htm